Pages

Minggu, 17 Maret 2013

Bagaimana Nama Fransiskus Muncul di Pikiran Paus Terpilih


Bagaimana Nama Fransiskus Muncul di Pikiran Paus Terpilih



Pada tanggal 16 Maret 2013 saat audiensi umum dengan perwakilan media, Paus Fransiskus secara singkat memberitahukan alasan mengapa beliau memilih nama “Fransiskus” merujuk kepada St. Fransiskus dari Assisi.

Paus berkata bahwa beberapa orang tidak mengerti apakah ia menamai dirinya dengan nama St. Fransiskus Xaverius atau St. Fransiskus de Sales atau St.Fransiskus Assisi. Ia menggambarkan bagaimana selama konklaf, ia duduk di sebelah Uskup Agung Emeritus Sao Paolo, Kardinal Claudio Hummes, seorang teman dekatnya. “Ketika pemungutan suara menjadi mendebarkan, ia (Kardinal Hummes) menenangkan saya.”, kata Paus Fransiskus. Dan ketika suara sedang dihitung dan menjadi jelas bahwa Paus telah terpilih, Para Kardinal mulai bertepuk tangan dan Kardinal Hummes “memeluk dan mencium saya dan berkata: ‘Jangan lupakan kaum miskin’ ... dan hal itu menampar saya ... kaum miskin ... Tiba-tiba saya berpikir mengenai St. Fransiskus dari Assisi ... Fransiskus adalah seorang manusia perdamaian, seorang manusia kemiskinan dan seorang manusia yang mencintai dan melindungi ciptaan. Betapa saya mencintai Gereja yang adalah miskin dan untuk kaum miskin.”, tambah Paus Fransiskus. Hal itulah bagaimana nama tersebut muncul di pikiran Sang Paus.

Paus melanjutkan bahwa beberapa orang menyarankan mengambil nama Paus Adrianus yang diasosiasikan sebagai pembaharu Gereja. Dan berdasarkan fakta bahwa Beliau adalah seorang Yesuit, Paus Fransiskus menyatakan bahwa beberapa orang menyarankan mengambil nama Klemens XV untuk mengenang kembali Paus Klemens XIV yang pernah membekukan Serikat Yesus (Yesuit) pada tahun 1773. Tetapi, akhirnya yang ia pilih adalah Fransiskus.

0 komentar:

Poskan Komentar